Home » » Batasi makan cegah gagal ginjal

Batasi makan cegah gagal ginjal

Written By ilham on Monday, October 21, 2013 | 08:27

Bismillahirrohmaanirrohiim
Batasi makan cegah gagal ginjal
Surabaya, Jawa Pos
Tidak ada yang ingin menderita gaagl ginjal. Namun keinginan tersebut tidak diimbangi pola hidup yangs esuai supaya seseorang tidak menderita gagal ginjal. Hal itu dipaparkan spesialis penyakit dalam konsultan ginjal hipertensi dr Djoko Santoso SpPD KGH PhD FINASIM
Menurut dia, idealnya makan dibatasi atau secukupnya.tapi sekarang yang ada, makan tidak dibatasi. Apapun, jam berapapun “ ujarnya kemarin (6/3) dalam bincang sehat seputar kesehatan yang dihelat PT Jawa Pos Koran.
Tidak heran angka kejadian pasien gagal ginjal terus bertambah. Berdasr data dinas kesehatan Surabaya saja, gagal ginjal menempati urutan pertama pasien jamkesmas non kuota (SKTM). Disusul pasien diabetes, aykni 4533 orang. Padahal , diabetes kini menjadi peyebab terbanyak penyebab gagal ginjal.
“pertam karena diabetes. Kedua karena hipertensi. Sisanya infeksi kronis karena batu ginjal dan pemakaian obat-obatan anti nyeri tanpa control” ungkap dokter yang juga wakil dekan II FK Universitas Airlangga tersebut.
Djoko memaparkan, penyakit yang dating merupakan bom waktu yang sudah sekian lama berproses. Dengan arti lain, 10-15 tahun ke belakang sebelum diagnosis bisa tergambar pola hidup seseorang. Misalnya pasien diabetes yang kompplikasi ke gagal ginjal. Kadar gula darah yang tinggi mengakibatkan fungsi saraf terganggu. Termasuk saraf yang mengatur fungsi ginjal.
Dokter yang menyelesaikan program PhD di Jutendo University, Tokyo,Japan, itu juga memaparkan , ketrekaitan penyakit seperti diabetes genetis hanya mencapai30 persen. Yang paling menentukan 70 persen adalah factor lingkunan. Bahkan Djoko sempat melakukan skrining terhadap 350 remaja.
Hasilnya, diantara remaja yang berusia kurang dari 20 tahun, terdapat 8 persen yang mengidap hipertensi. Selanjutnya , pada remaja berusia 20-26 tahun, 15 persen sudah mengalami hipertensi. “jangan disangkal  kalau sekaarang banyak orang berpedoman hidup untuk makan, bukan makan untuk hidup
‘ candanya dalam acara yang dihadiri sekitar 40 karyawan PT Jaw Pos Koran tersebut.
Bila terlanjur gagal ginjal, tidak ada jalan lain selain cuci darah. Padahl biaya yang harusdikeluarkan saban cuci darah mencapai RP 1 juta. Djoko lebih mneyarankan untuk makan sesuai aktivitasnya (ina/c5/mik)
 

Share this article :

0 comments:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menjadi Pembelajar - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger